Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

Indonesia merupakan negara yang berada di garis khatulistiwa, sehingga Indonesia memiliki iklim tropis. Karena memiliki iklim tropis, Indonesia memiliki 2 musim utama yaitu kemarau dan musin penghujan. Ketika aku menulis ini saat musim hujan mulai. Meskipun sepenarnya musim di Indonesia tidak seperti dahulu lagi yang selalu datang tepat waktu akibat adanya pemanasan global. Nah, pokok yang ingin saya tuliskan kali ini adalah beberapa tips mengendarai motor ketika musim hujan tiba.


Motor merupakan salah satu alat transportasi utama di Indonesia. Di setiap kota di Indonesia, ribuan sepeda motor melaju setiap harinya. Hampir setiap keluarga memiliki sepeda motor minimal satu, bahkan sampai setiap anggota keluarga memiliki sepeda motor sendiri. Maka jangan heran kalau sering terjadi kemacetan di jalan. Itu karena semakin banyaknya pemilik sepeda motor. Mereka memilih sepeda motor dengan alasan utama mudah dibawa karena bisa menyalip-nyalip di antara mobil-mobil yang ukurannya lebih besar.



Nah, setelah beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang Tips aman berkendara, kali ini saya ingin share sedikit tentang tips mengendarai sepeda motor ketika hujan.

Beberapa di antaranya:

  1. Pakailah Jas Hujan. Jas hujan atau mantel berguna untuk melindungi kita dari air hujan. Tujuannya agar kita tidak kebasahan karena bisa menyebabkan kesehatan kita menurun.

    Selain melindungi kita dari jatuhnya air hujan, mantel bisa melindungi kita dari cipratan air dari ban motor pengendara lain yang bisa mengotori pakaian kita.

    Memakai jas hujan sebaiknya ketika kita merasa bahwa saat itu benar-benar akan hujan. Gak mungkin kan kalo pake jas hujan pas matahari bersinar cerah :D . Ketika mulai terasa gerimis di tengah perjalanan, segeralah menepi, mencari tempat teduh untuk memakai mantel.
  2. Berkendara dengan kecepatan stabil. Kita tahu kalau hujan pasti jalan menjadi basah (Ya, karena kena air) Karena basah, bisa saja jalanan tersebut menjadi licin. Dengan mengendarai motor dengan kecepatan stabil akan mengurangi resiko terpleset di jalan.

    Maksud dari kecepatan stabil, ketika kita akan melaju, tariklah gas pelan-pelan, jangan langsung terlalu jauh menarik. Hal ini akan membahayakan karena kita akan sulit mengendalikan kendaraan di jalanan yang licin, apalagi kalau ada sesuatu yang membuat kita kaget, misal ada motor yang tiba-tiba menyalip, atau yang lain lah, bisa dikira-kira sendiri.

    Lalu, ketika hendak berhenti, sejak dari jauh turunkan kecepatan secara perlahan. Jikalau mendadak dikhawatirkan ban akan terpeleset. Hindarilah sesuatu yang mendadak di jalan.
  3. Turunkan kecepatan ketika hendak berbelok. Banyak kejadian orang terpeleset di tikungan ketika jalanan basah karena mereka ngebut. Turunkan kecepatan perlahan sebelum melewati tikungan, maka akan mengurangi resiko terpeleset di jalan.
  4. Selalu tenang, sabar, waspada, dan berdoa. Ini merupakan hal terpenting. Selalu waspada akan apa yang ada di jalan, karena mungkin saja ada pengendara yang tiba-tiba menyalip dan mengejutkan kamu. Kamu tidak perlu meneriakinya. Kamu juga tidak perlu menyalipnya kembali. Tetap tenang dan fokus demi keselamatan.
Itu saja yang bisa saya tulis. Kenapa cuma ini?
Karena ini merupakan hal yang menurut saya paling utama yang harus dilakukan pengendara sepeda motor ketika hujan. Mungkin kamu ada hal lainnya, boleh juga memberi masukan. Karena setiap orang tentu memiliki pendapatnya sendiri sesuai pengalaman yang pernah dialaminya masing-masing. 

-Terima Kasih-
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

4 komentar

Write komentar
Adi Hermawan
ADMIN
delete

Emang sekarang lagi musim hujan, btw nice tips :)


Jangan lupa mampir gan :
www.frizmedia.com

Reply
avatar
delete

Pengalaman pribadi ya iz..? :D hehe.. btw, bagus2.. boleh itu tipsnya.. :)

Reply
avatar
Faiz Furqon
ADMIN
delete

Iya bro~ Musti hati-hati~ Thanks kunjungannya.. Siap kunjung balik~

Reply
avatar
Faiz Furqon
ADMIN
delete

Haha.. iya, dian~ makasih.. thanks kunjungannya ya~ Jangan lupa besok masuk kuliah :P

Reply
avatar

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon