Cara Mengatasi Komentar Spam di Blog

Komentar spam adalah komentar yang dianggap sampah di blog, biasanya berisi link-link aktif yang bertujuan untuk mencari backlink namun sering kali tidak relevan dengan judul artikel. Biasanya berupa iklan-iklan yang mengganggu keindahan blog. Ada yang modelnya menggunakan robot komentar. Sebelumnya saya pernah post tentang ciri-ciri komentar spam. Kali ini saya akan membagikan pada anda cara menanggulanginya menurut pengalaman saya di blog ini.


Komentar spam di blog saya pernah mencapai 2700-an hanya dalam waktu 2 bulan. Komentar ini berupa teks berbahasa inggris yang cukup panjang dan sama sekali tidak nyambung dengan artikel yang saya tulis. Secara otomatis blogger memasukkan komentar-komentar tersebut ke dalam kategori spam sehingga tidak ditampilkan di blog. Lalu saya akhirnya menghapus semuanya.

Kemudian saya berpikir bagaimana agar komentar spam (yang saya kira dari robot) itu tidak kembali lagi. Saya coba buka-buka di Setelan blog bagian Pos dan komentar untuk mengatur komentar saya agar tidak terkena bot-komen lagi. Kalau yang mengomentari adalah robot, tentu tidak akan bisa jika diberi Captcha/Verifikasi kata, maka mata saya laangsung tertuju ke bagian Verifikasi kata, kemudian saya centang di sana.

Lalu biasanya untuk komentar spam dari orang, mereka menggunakan Anonymous atau nama lain tanpa akun Google, maka saya pilih bagian "Siapa yang dapat mengomentari?" dengan pilihan Pengguna dengan Akun Google.

Ada lagi cara lainnya, namun tidak saya gunakan (agar saya tidak repot, Hehe), yaitu dengan Moderasi komentar. Jadi komentar hanya akan ter-publish hanya dengan izin anda. Namun, cara ini mungkin agak merepotkan anda.

Jadi, cara untuk mengatasi komentar spam di blog anda seperti yang saya deskripsikan di atas. Alhamdulillah cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi masalah spam comment saya akhir-akhir ini. Semoga juga bermanfaat bagi anda.
-Terima Kasih-
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon