Tips Aman Berkendara, Pengendara Motor Wajib Baca

Kendaraan bermotor sudah lazim kita temui di jalanan. Sudah banyak orang yang di rumahnya memiliki kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil. Bahkan banyak pula yang dalam satu keluarga memiliki lebih dari 2 kendaraan, terutama motor.


Nah, di sini saya ingin berbagi tips berkendara supaya aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Sebenarnya sih ini pengalaman pribadi juga, semoga saja bermanfaat.

1. Tips pertama, pastikan surat-surat lengkap. Tentu yang dimaksud adalah STNK dan SIM. Ini sudah menjadi aturan pokok untuk berkendara agar tidak kena tilang ketika ada momen.

2. Kemudian, berdoalah sebelum berkendara. Bagi saya ini mutlak dilakukan. Karena siapa tau di jalan kena musibah jika kita belum berdoa. Jadikan berdoa ini sebagai kebutuhan sebelum berkendara dan bepergian ke manapun. Saya ada pengalaman ketika saya lupa berdoa ketika bersepeda motor. Tiba-tiba saya melamun sebelum lampu merah, ketika sampai di lampu merah tanpa sadar saya terus melaju seakan lupa kalau lampu sedang merah. Padahal motor dan mobil di depan saya sebelumnya sudah berhenti, dan di sebelah lampu merah adalah pos polisi. Lantas jelas, saya ditilang, sekian rupiah melayang~ -_-

3. Buatlah suasana senang sebelum dan ketika berkendara. Suasana hati akan berpengaruh pada emosi seseorang saat berkendara. Tenangkanlah pikiran, ingat selalu akan Tuhan, InshaAllah kita diberi perlindungan. Dan ini salah satu sebab kenapa anak-anak di bawah umur belum boleh mendapatkan izin berkendara. Secara psikologis mereka belum bisa mengatur emosi sehingga berpengaruh pada perilaku di jalanan.

4. Jangan marah/emosi saat disalip orang. Mungkin ini salah-satu penyebab banyaknya orang yang ngebut di jalanan. Biasanya anak muda. Mereka tidak ingin mengalah jika disalip oleh orang lain, apalagi wanita dan orang tua. Jika mereka disalip/didahului, mereka merasa mereka harus menang, masa dikalahin sama cewek, atau kakek-kake (biasanya remaja laki-laki yang merasa seperti ini)

5. Selalu tersenyum ketika berkendara. Iya, senyum. Jangan menganggap jika senyum-senyum di jalanan berarti anda gila. Jika anda malu untuk senyum sepanjang perjalanan atau agar anda tidak malu dilihat orang lain, pakailah masker atau kain penutup mulut lain. Yang penting selalu senyum.
Mengapa?
Seperti pengalaman saya, jika kita tersenyum otot-otot wajah kita serasa lebis ringan dan nyaman. Serta rasanya lebih tenang saja. Dibanding kalau kita cemberut saat mengendarai motor, pasti rasanya ingin buru-buru, dan mudah kesal dengan pengendara lain. Kalau tidak percaya, silahkan dicoba.

6. Selalu waspada. Ini jelas harus kita lakukan. Saya ada tips, kita harus "EKSTRA" waspada ketika berkendara di belakang ABG (cowok/cewek), ibu-ibu, dan kendaraan besar. Biasanya ABG dan ibu-ibu akan secara tiba-tiba belok tanpa memberi isyarat terlebih dahulu, walaupun tidak semua, tapi bisa saja.

7. Berilah isyarat setiap kita akan membelok, baik itu ke pinggir, maupun menyalip. Hal ini berguna untuk memberi isyarat, terutama kendaraan di belakang kita jika kita akan berbelok.

8. Jangan ragu-ragu. Di jalanan kita harus berani ambil keputusan, jangan ragu, karena dapat membahayakan jiwa anda dan orang yang berkendara di sekitar anda. Misalnya pengalaman saya ketika hendak menyalip truk yang besar. Kita harus benar-banar yakin bahwa dari arah berlawanan tidak ada kendaraan lain. Jika ada, cepat-cepat turunkan kecepatan. Jika kita ragu, namun kita sudah sampai tengah truk besar tersebut, tiba-tiba kendaraan di depan lebih cepat maka habislah kita.

9. Menyaliplah di sebelah kanan. Iya, kalau maunyalip dari kanan. Itu jauh lebih aman. Karena pengendara akan sering membelokkan kendaraan ke kiri untuk menghindari mobil/motor yang ada di arah berlawanan. Jadi, paling aman adalah menyalip dari sebelah kanan, yang penting kita yakin tidak ada mobil dari arah berlawanan.

10. Jangan menyalip di tikungan. Banyak kecelakaan maut yang merenggut nyawa pengendara akibat menyalip di tikungan. Memang terlihat mudah jika menyalip di tikungan. apalagi jika kita menyalip dari sebelah kanan. Tapi kita tidak tahu ada tidaknya mobil dari arah yang berlawanan. Biasanya kendaraan akan terlihat sangat kencang ketika berada di tikungan. Jadi, jangan nekat.

11. Taati rambu-rambu lalu lintas. Yang ini tak perlu dibahas, sejak dulu pasti sudah sering kita mendengarnya.


Demikianlah tips aman berkendara versi saya :D . Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, ya, karena setiap hari saya harus menempuh perjalanan sejauh 30Km untuk pergi ke sekolah. Semoga bermanfaat. Ingat, "TIDAK ADA LAGI KATA-KATA PELAN-PELAN ASAL SELAMAT, SEKARANG JAMANNYA CEPAT SELAMAT"...! :D
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon