PERINGATAN: Merokok Membunuhmu!

Anda tau slogan peringatan bahaya merokok yang baru. Sekarang sudah banyak dituliskan di baliho-baliho dan poster-poster iklan rokok. Tulisan itu menggantikan peringatan yang lama yang berbunyi: "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Sekarang peringatan tersebut telah diganti dengan: MEROKOK MEMBUNUHMU!


Peringatan tersebut tetap dituliskan di bagianbawah baliho dengan gambar orang yang sedang merokok dan gambar tengkorak di sampingnya dan ada tulisan 18+ dalam lingkaran. Hal ini (mungkin) bertujuan untuk memberi peringatan keras kepada perokok bahwa merokok itu dapat menyebabkan kematian (meskipun jangka panjang). Karena dianggap slogan yang lama kurang tegas karena hanya menuliskan namapenyakit, dan mereka (perokok) tidak mengenggap serius peringatan tersebut.

Nah, saya di sini hanya ingin berceloteh sedikit mengenai pendapat saya tentang peringatan yang baru ini terhadap reaksi masyarakat (terutama perokok).

Menurut saya, jika ingin menekan jumlah perokok, maka tekan pula jumlah produsen rokok. Bagaimana perokok akan berkurang jika produsennya saja bertambah. Bisa kita lihat banyaknya merk-merk rokok lokal selain yang banyak diiklankan di televisi. Saya juga baru mengetahui banyak merk rokok yang unik dan aneh-aneh ternyata dari spanduk, baliho, dan poster di jalanan. Apalagi harga yang ditawarkan terbilang sangat murah. Ada yang menuliskan 6000, 12 batang+4batang, dan banyak lagi. Ya bagaimana perokok mau berkurang kalo harganya aja miring.

Lalu, bagaimana perokok mau berkurang jika iklan rokok saja bagus-bagus. Lihat saja baliho-baliho rokok di jalanan, banyak sekali yang memberikan kalimat motivasi, lalu bergambar menarik, dan malah bikin penasaran, (misal, gambarnya orang yang pemberani naik gunung, kalimatnya memotivasi untuk percaya diri, tentu dianggap merokok bisa bikin percaya diri). Lalu lihat saja iklan-iklan rokok di televisi yang bisa ditaksir menghabiskan uang milyaran hanya untuk satu kotak rokok seharga 6000 rupiah. Iklannya pun sangat menarik.

Lalu, bagaimana perokok mau berkurang jika iklan rokok selalu yang paling besar. Lihat saja di jalanan, biasanya baliho-baliho yang dipasang di jalanan adalah iklan rokok.  dimana-mana rokok. Ya jelas atuh perokok terus bertambah, iklannya aja banyak. Kemasannya juga bagus-bagus. Seharusnya memang kemasan rokok diberi gambar yang agak menyeramkan, kayak orang gigi ompong, kuning, dan rusak akibat merokok (Kayak animasi arab yang pernah ane tonton tentang merokok).

Lalu, mengenai peringatan "MEROKOK MEMBUNUHMU", menurut ane nih ye,  harusnya bener-bener pakai gambar yang menyeramkan. Kayak gambar paru-paru yang rusak gitu. Soalnya, gambar yang mendukung peringatan yang selama ini beredar seakan menggambarkan orang tersebut menikmati mengisap rokok tersebut. Gambar tengkorak di sebelahnya seakan terabaikan, dan pernyataan "Membunuhmu" tersebut seakan dianggap "Semua orang juga nanti pasti mati". Tidak ada rasa takut sedikitpun untuk merokok walaupun sudah diberi peringatan bahwa merokok itu Membunuhmu.

Tapi memang susah untuk menekan angka perokok, dan produsen rokok. Karena kita tau juga rokok merupakan salah satu barang terlaris dan dapat memberikan pendapatan bagi negara pula. Hanya saja yang memprihatinkan adalah perokok di bawah umur yang kian meraja lele, eh lela. Memang mereka akan sadar jika mereka sudah tua (seharusnya) karena efeknya memang nanti, tidak langsung.

#opini
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon