Aturan Penulisan Karya Ilmiah

Dalam penulisan suatu karya ilmiah ada aturang-aturan khusus yang hendaknya diikuti. Karena bobot karya ilmiah itu juga dilihat dari bahasa yang digunakan penulis apakah baik atau kurang jelas bahkan berbelit-belit. Di sini saya akan Menjelaskan aturang-aturan yang umumnya dipakai untuk membuat sebuah karya ilmiah.
Ini saya kutip dari file cara penulisan karya ilmiah ketika saya mengikuti seminar penulisan karya ilmiah di UII (Universitas Islam Indonesia) yang dalam latihan penulisan karya ilmiah tersebut punya saya yang terbaik #Alhamdulillah. Berikut ini aturannya:



1.        Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, menggunakan istilah yang mudah dimengerti, dan tidak menggunakan singkatan seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, ataupun “dll”.
2.        Naskah ditulis minimal 15 (lima belas) dan maksimal 20 (dua puluh) halaman termasuk abstrak, daftar pustaka, dan lampiran.
3.        Naskah diketik 1,5 (satu-setengah) spasi pada kertas HVS berukuran A4 atau kuarto 80 gram dengan Times New Roman style, font 12, jarak pengetikan 3 cm dari samping kiri, 2 cm dari samping kanan, 2 cm dari batas atas, dan 2 cm dari batas bawah.
4.        Judul karya tulis diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
5.        Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan font style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
6.        Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (”di”, ”ke”, ”dari”, ”yang”, ”antara”, ”pada”, ”untuk”, ”tentang”, ”dengan”); kata sambung (”dan”, ”atau”, ”sejak”, ”setelah”, ”karena”).
7.        Judul Anak Subbab ditulis dengan ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri , huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (”di”, ”ke”, ”dari”, ”yang”, ”antara”, ”pada”, ”untuk”, ”tentang”, ”dengan”); kata sambung (”dan”, ”atau”, ”sejak”, ”setelah”, ”karena”).
8.        Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8 karakter sekitar 1,25 cm.
9.        Abstrak (pada usulan penelitian) ditulis maksium 300 kata, diketik 1 (satu) spasi, diikuti penulisan kata kunci.
10.    Ringkasan karya tulis (pada karya tulis ilmiah) disusun maksimum 1 (satu) halaman, diketik 1 (satu) spasi.
11.    Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan serta kata pengantar apabila ada, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
12.    Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.
13.    Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.
14.    Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.
15.    Hindari penggunaan warna dalam gambar, gunakan teknik greyscale untuk mengemulasi warna dalam foto atau diagram, dan gunakan pattern/pola untuk menggantikan warna dalam grafik garis ataupun diagram.
Penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka hendaknya mengikuti aturan penulisan yang berlaku yaitu mengikuti HARDVARD style.

-Semoga Bermanfaat-
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon