Tips Tidak MENCONTEK

Anda tau mencontek kan? atau Bahasa Jawanya Cheating. Pelajar muda terutama di jenjang SD, SMP, SMA, bahkan Kalangan Universitas tentu sangat mengenal yang satu ini. Mencontek memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi ketika ulangan, pasti dia hampir bisa kita lihat di sekitar kita.


Arti kata 'mencontek' sendiri berasal dari kata dasar 'contek' yang artinya mengutip (tulisan dsb) sebagaimana aslinya; menjiplak: krn malas belajar. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa banyak kalangan mengenal ini. Namun sangat disayangkan apabila mencontek ini menjadi 'budaya' yang 'wajib' dilestarikan para siswa. Mengapa saya bilang begitu, karena setiap ada ulangan pasti hal ini terjadi. Hampir tidak ada sekolah yang siswanya tidak melakukan ini ketika ulangan. Namun, saat ini siswa makin pitar. Mengapa tidak, gaya mencontek saat ini adalah bertanya pada teman lain. Jadi apabila ketahuan mungkin ada siswa yang membantah dirinya mencontek, dengan alasan 'saya hanya bertanya, bukan mencontek'. Kondisi ini memang sangat memprihatinkan mengingat sepertinya budaya bersikap jujur sudah tidak diterapkan oleh siswa. Saya memberikan apresiasi tinggi kepada siswa yang tidak mencontek maupun bertanya pada teman lain ketika ulangan.

Memang untuk menghilangkan perilaku yang kurang baik ini sangatlah sulit. Ini kembali pada diri mereka sendiri. Karena apabila ia sudah sering mencontek, mencontek ini akan menjadi suatu kebiasaan dan bisa jadi ketergantungan. Mencontek ini biasanya dilakukan siswa dengan berbagai alasan:
  1. Tidak percaya diri dalam menjawab soal.
  2. Tidak bisa mengerjakan soal.
  3. Solidaritas kepada teman lain yang mencontek.
  4. Menghalalkan segala cara untuk mendapat nilai bagus.
  5. dan sebagainya...........
Saya hanya bisa memberikan tips bagaimana untuk menghindari 'mencontek' yang biasa saya terapkan. Alhamdulillah saya tidak pernah mencontek saat ulangan. (Tapi kalau PR dan tugas, tergantung SiKon #haha..). Tipsnya sebagai berikut:
  • Percaya bahwa anda bisa mengerjakan soal tanpa bertanya teman.
  • Pikirkan kemungkinan terburuk. Misalnya: "Apabila anda mencontek, anda akan dikeluarkan dan tidak boleh mengikuti ulangan sehingga nilai anda nol (0) dan tidak naik kelas."
  • Bayangkan anda sedang diawasi oleh pengawas tepat di belakang anda.
  • Tanamkan dalam pikiran dan diri jawaban yang diberikan teman itu salah, sedangkan jawaban anda lah yang benar.
  • Tanamkan pada diri anda untuk TIDAK PERCAYA TEMAN saat ulangan.
  • Anda tahu bahwa Tuhan Maha Melihat. Anggaplah bahwa jika anda mencontek Tuhan akan memberikan yang terburuk bagi anda.
  • Anggaplah bahwa jika anda mencontek anda akan CELAKA atau mengalami musibah.
  • Jika sebenarnya anda tahu bohong itu dilarang dan akan mendapatkan balasan, tanamkan dalam diri bahwa MENCONTEK ITU BERBOHONG, dan anda akan mendapatkan balasan yang buruk.
Mungkin banyak yang terdengar sadis, namun ini demi kebaikan kita. Coba lakukan seperti di atas. InsyaAllah ini akan berhasil jika anda melakukannya dengan ikhlas. Tapi jangan lupa untuk tetap belajar sebelum diadakan ulangan. Semoga bermanfaat :D
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon