Pemrograman Pascal 'case' 'of''

Hari ini saya mendapatkan pelajaran Bahasa Pascal di sekolah. Saya hanya mengulang kembali apa yang telah saya pelajari. Saat liburan kemarin saya tak sempat buka turbo pascal, jadinya lupa beberapa deh.. Hehehe..
Ini yang saya buat tadi tentang pemrograman menggunakan 'case' 'of'. Pemrograman ini digunakan untuk membuat opsi atau pilihan-pilihan yang akan diterapkan.


Misalnya dalam program ini adalah pilihan komik tipe berapa yang akan dibeli. Dalam inputnya kita tinggal menuliskan angkanya saja. Jadi kita dapat memberi pilihan pilihan. disini saya menggabungkan dengan operasi pengurangan yang digunakan untuk mencari kembalian. Program ini masih sederhana, tapi cukuplah digunakan untuk pemula yang ingin belajar bahasa pascal.

Untuk menjalankannya kita memerlukan Turbo Pascal. jika belum punya akan saya post di postingan selanjutnya. samoga bermanfaat ya sobat....


program ko_mik;
uses wincrt;
var b, z, h, i: integer;

begin ;
Writeln('______________TOKO KOMIK X______________')
write('masukkan tipe komik (1, 2, 3) : ');readln(b)   ;

if b = 1 then z:=3000
else if b = 2 then z:=2000
else if b = 3 then z:=1000;

case b of
1: writeln('Harga', z);
2: writeln('Harga', z);
3: writeln('Harga', z);
else

begin
Writeln('Input salah');
end;
end;
writeln('Harga Komik ',b,' adalah Rp',z);
Writeln('__________________________');
Write('Anda membayar dengan Rp');readln(h);
i:=h-z;
Writeln('(.....)');
Writeln('Kembalian anda : ', i);

end.
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon