Adab dalam Berdo'a

Assalamu'alaykum W. W.

Anda pasti sering berdoa bukan? Terutama yang beragama Islam. Setelah shalat kita berdoa. Apakah anda pernah merasa bahwa tata cara doa yang anda lakukan itu benar? Apa anda yakin? Ragu? Atau tidak tahu?


Awalnya saya juga tidak tahu. Saya hanya melakukan berdoa setelah shalat seperti biasa. Saya tahu bahwa berdoa itu ada adabnya, tapi karena kemalasan saya saya tidak pernah bertanya pada guru maupun browsing. Tapi ketika saat itu saya dan teman-teman sedang mengaji, ada salah seorang teman yang bertanya soal doa. Ia juga bertanya bagaimana tata cara berdoa yang benar. Saya langsung Fokus untuk mendengarkan penjelasan ini.

Adabnya begini, setelah shalat dan berzikir kita berdoa.
  1. Doa diawali dengan bacaan Ta'awudz (A'udzubillahiminasysyaitaanirrajim). 
  2. Setelah itu bacaan Basmalah (Bismillaahirrahmaanirrahiim). 
  3. Lalu bacaan Hamdalah (Alhamdulillaahirabbil 'alamiin). 
  4. Setelah itu bacaan shalawat.
  5. Kemudian dilanjutkan dengan doa memohon ampunan dari dosa, atau doa kepada orang tua.
  6. Lalu dilanjutkan dengan apa yang ingin kita minta.
  7. Setelah selesai hendaklah kita membaca doa kebaikan dunia dan akhirat.
  8. Ditutup dengan Amiin.

OO, jadi begitu, dalam benakku. Berarti masih banyak kurangnya dari doaku sebelum-sebelumnya. Semoga ini bermanfaat.

Wassalamu'alaykum W. W.
Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Faiz Furqon

2 komentar

Write komentar
Rifqi
ADMIN
delete

Alhamdulillah apa yang diajarkan oleh guru SD saya, masih melekat dalam diri saya tentang tata cara / adab berdo'a
Sangat bermanfaat :-)
Keep posting

Reply
avatar

Silahkan gunakan AKUN GOOGLE (Google+) untuk berkomentar. :D EmoticonEmoticon